Ini, lo, Bedanya Behel Konvensional dan Invisalign!

Dipublish tanggal: Jan 10, 2021 Update terakhir: Jan 10, 2021 Waktu baca: 2 menit
Ini, lo, Bedanya Behel Konvensional dan Invisalign!

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Penggunaan behel konvensional dan invisalign sama-sama bertujuan untuk memperbaiki susunan gigi yang tidak rapi serta meningkatkan fungsi gigi untuk mengunyah makanan;
  • Behel gigi memiliki kawat dan bracket yang ditempelkan pada gigi, sedangkan invisalign tidak memiliki kawat dan bracket sehingga dapat dilepas-pasang oleh penggunanya;
  • Selain rutin menyikat gigi, pengguna behel diminta untuk setidaknya melakukan kontrol gigi rutin dalam sebulan sekali;
  • Invisalign biasanya dilepas pada saat makan dan bisa langsung dibersihkan dengan mudah;
  • Harga behel konvensional bervariasi, mulai dari Rp2.250.000 hingga Rp14.250.000;
  • Dapatkan paket pemasangan behel dan invisalign dengan promo menarik dan dokter berpengalaman melalui HDmall;
  • Gunakan fitur chat untuk berkonsultasi dengan apoteker kami secara gratis seputar obat dan perawatan gigi yang Anda butuhkan.

Memiliki gigi cantik dan penampilan yang menarik tentu menjadi harapan semua orang. Masalahnya, tidak semua orang memiliki susunan gigi yang rapi.

Namun, tenang saja karena ada sejumlah metode merapikan gigi yang bisa dicoba. Dua yang paling familiar adalah behel gigi konvensional dan invisalign.

Iklan dari HonestDocs
Orthodenti ( Kawat Gigi) di Tooth's Kingdom Dental Care

Orthodenti (kawat gigi) merupakan prosedur untuk merapikan gigi

Istock 503875046 %281%29

Behel merupakan perawatan gigi yang bertujuan untuk memperbaiki anatomi atau susunan gigi yang tumbuh tidak rapi. Penggunaan behel juga bertujuan untuk meningkatkan fungsi gigi dalam mengunyah makanan.

Sementara, invisalign merupakan salah satu jenis behel gigi. Biasanya, invisalign berwarna bening. Penggunaan invisalign memiliki tujuan yang sama dengan behel jenis lain, yaitu merapikan susunan gigi.

Baca juga: Beginilah Proses Pemasangan Behel Alias Kawat Gigi

Memahami perbedaan behel gigi dan invisalign

1. Bentuk dan bahan behel gigi dan invisalign

Secara umum, behel gigi yang dikenal selama ini berbentuk seperti ikatan kawat kabel dengan bahan logam (metal) yang terbentuk dengan karet kecil di antaranya. 

Ada pula jenis bahan behel gigi lainnya, seperti behel keramik, self-ligating brace (damon), behel sapphire, maupun kawat gigi lingual (yang dipasang di bagian belakang gigi).

Invisalign dibuat dari plastik bening untuk menyamarkan penggunaannya. Invisalign dicetak sesuai dengan bentuk gigi dan dipasangkan seakan seperti menutupi seluruh bagian gigi dengan lapisan menyerupai kaca transparan.

Iklan dari HonestDocs
Orthodenti ( Kawat Gigi) di Tooth's Kingdom Dental Care

Orthodenti (kawat gigi) merupakan prosedur untuk merapikan gigi

Istock 503875046 %281%29

Baca juga: Memahami 5 Jenis Behel dan Tips Memilih Behel yang Cocok

2. Cara pemasangan behel gigi dan invisalign

Proses pemasangan behel dan invisalign diawali proses identifikasi masalah gigi yang dilakukan oleh dokter gigi. Hasil pemeriksaan ini akan menentukan jenis perawatan, termasuk lamanya.

Behel gigi yang biasanya memiliki bracket berbahan logam akan diikat membentuk kawat bersamaan dengan karet berwarna kemudian dieratkan pada gigi. Selanjutnya behel gigi akan dilem dan disinari dengan laser khusus agar tidak mudah lepas.

Nah, invisalign adalah perawatan gigi yang terbuat dari plastik transparan tanpa kawat dan bracket. Karena tidak menggunakan kawat dan bracket, invisalign dapat dengan mudah dilepas dan dipasang sendiri oleh penggunanya.

3. Metode perawatan behel gigi dan invisalign

Pengguna behel pada umumnya akan diminta untuk memeriksakan diri ke dokter dalam satu bulan sekali. Kontrol gigi seperti ini dilakukan untuk memeriksa progres, memindai ada atau tidaknya masalah, dan membersihkan kotoran yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi. 

Dalam keseharian, pengguna behel tetap diminta untuk rajin membersihkan gigi dari sisa makanan yang mungkin menyangkut di antara kawat gigi dengan cara menggosok gigi dan flossing gigi secara teratur.

Iklan dari HonestDocs
Orthodenti ( Kawat Gigi) di Tooth's Kingdom Dental Care

Orthodenti (kawat gigi) merupakan prosedur untuk merapikan gigi

Istock 503875046 %281%29

Beda halnya dengan invisalign. Biasanya, invisalign akan dilepas pada saat makan sehingga dapat dibersihkan dengan lebih mudah dan cermat. Pengguna dapat menyikat invisalign dan membersihkan tray tempat penyimpanan invisalign dengan air hangat.

Selain rutin membersihkan tray saat menggunakan invisalign, Anda juga diminta untuk mengganti tray secara berkala setiap 2 minggu sekali untuk memastikan bentuknya tetap mengikuti perubahan susunan gigi ke posisi yang diinginkan.

4. Harga pasang behel gigi dan invisalign

Behel umumnya membutuhkan proses sekitar 2-3 tahun dalam merapikan susunan gigi. Harganya bervariasi, mulai dari Rp2.250.000 hingga Rp14.250.000.

Harga pasang invisalign memang lebih mahal daripada behel konvensional, bahkan bisa mencapai Rp60.000.000. Penggunaan invisalign untuk merapikan gigi biasanya membutuhkan waktu 6-18 bulan.

Baca juga: Pengguna Behel Gigi Juga Wajib Pakai Benang Gigi, Ini Manfaatnya

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Craig & Streight Orthodontics. Braces vs Invisalign. (https://www.craigandstreight.com/braces-vs-invisalign/)​
Orthodontics Limited. The Do’s and Don’ts of How to Clean Invisalign Trays. (https://www.orthodonticslimited.com/invisalign/the-dos-and-donts-of-how-to-clean-invisalign-trays/)​
Shape. 10 Invisalign Truths to Know Before You Try. (https://www.shape.com/lifestyle/beauty-style/10-invisalign-truths-know-you-try)​

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app