Apa Bedanya Pomade Wax Dan Gel Rambut

Dipublish tanggal: Agu 7, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Agu 4, 2019 Waktu baca: 3 menit
Apa Bedanya Pomade Wax Dan Gel Rambut


Saat ini, perawatan rambut tidak hanya dilakukan oleh kaum wanita. Para kaum Adam juga beramai-ramai merawat rambut agar dapat menunjang penampilan mereka ditempat umum. Tren rambut pompadour atau under cut sudah menjadi konsumsi laki-laki sejak 3 tahun lalu.

Oleh karenanya, berbagai produk perawatan dan styling rambut untuk para pria seperti pomade, wax, dan gel pun makin banyak beredar di pasaran. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Meskipun telah banyak produk yang beredar, Anda pasti bingung untuk memilih produk mana yang sekiranya cocok untuk gaya rambut Anda agar penampilan semakin menarik dan rambut terlihat lebih sehat.

Apabila menginginkan kesan gentleman melekat pada diri Anda, pomade merupakan pilihan yang paling cocok untu Anda. Bagi yang ingin terlihat sedikit berantakan namun tetap stylish, wax sangat cocok untuk digunakan.

Dan untuk Anda yang ingin tampil gaya sepanjang hari namun tidak ingin susah dalam membersihkan rambut, gel merupakan pilihan yang tepat. 

Perbedaan pomade, styling gel, dan wax 

Ketiga produk diatas bisa Anda gunakan apabila ingin tampil bersih dan rapi. Akan tetapi, jika Anda bingung untuk memakai produk mana yang tepat bagi Anda, Amy Komorowski, hair stylist Justin Timberlake dan Jonah Hill, dan Andy Samberg yang merupakan artis hollywood papan atas beserta Gilda Pastina dan Pierre Michel Salon akan memberikan penjelasan bagi Anda.

Dikutip dari WebMD.com, Amy dan teman-temannya memaparkan mengenai perbedaan dari wax, pomade dan gel seperti dibawah ini: 

  • Wax 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Memiliki bentuk yang kental, wax merupakan produk yang cocok apabila Anda ingin mempertajam rambut. Pastina menjelaskan bahwa produk yang satu ini sangat sempurna untuk menata rambut dengan tatanan yang agak berantakan, terlihat seperti baru bangun tidur, namun tetap stylish.

Wax mudah digunakan tanpa membuat rambut terlihat dan kaku. Akan tetapi, Pastina juga menambahkan bahwa wax tidak cocok untuk digunakan bagi Anda yang memiliki rmabut halus, lemas, atau terlalu panjang. Selain itu, produk ini juga agak sulit untk dibersihkan meskipun sudah memakai shampoo. 

  • Pomade 

Rambut berkilau, rapi, dan lentur bisa Anda dapatkan setelah menggunakan pomade. Produk ini mirip seperti wax, namun memiliki tekstur seperti krim dan lebih mudah untuk digunakan. Pastina mengatakan bahwa pomade berguna untuk mengontrol rambut yang susah diatur dan menambah kelembutannya.

Dibandingkan dengan wax, rambut Anda akan lebih berkilau ketika memakai pomade. 

  • Gel

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Apabila Anda ingin membuat rambut kaku dan tahan sepanjang hari, gel adalah pilihan yang tepat. Sama seperti pomade dan wax, gel juga memiliki tingkat kekuatan dari yang biasa hingga yang paling kuat. Pada umumnya gel digunakan ketika rambut masik basah agar membuat rambut tetap rapi dan mengkilap. 

Tips memakai produk rambut 

Berdasarkan penjelasan diatas, apakah Anda sudah menemukan produk yang tepat untuk rambut Anda? Apabila sudah mendapatkannya, maka Anda perlu mengikuti tips memakai produk rambut di bawah ini agar tetap terlihat stylish dimanapun Anda berada. 

 

  • Pakai produk secukupnya. Amy Komorowski menyarankan untuk tidak memakai produk terlalu banyak. Pakailah produk sedikit demi sedikit sesuai dengan kebutuhan Anda. Kemudian usapla pada telapak tangan Anda untuk membuatnya hangat, lalu gunakan secara menyeluruh di bagian rambut Anda. 
  • Jangan fokus pada satu tempat. Ketika memakai wax, pomade, atau gel, pastikan bahwa Anda sudah menyebarkannya keseluruh rambut. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati saat mengusapnya ke seluruh bagian rambut. 
  • Cobalah eksperimen yang baru. Jangan takut untuk mencoba produk rambut yang Anda miliki. Pakailah berbagai macam poduk secara bergantian. Komorowski mendukung hal ini karena produk yang Anda gunakan bisa dibersihkan nantinya. 

Sekarang, Anda dapat memilih dan menggunakannya untuk tampilan yang lebih menarik. Saat sudah memutuskan untuk memakai salah satu produk diatas, jangan lupa untuk membersihkannya dengan baik.

Gunakanlah shampoo secara rutin, juga kondisioner apabila perlukan. Amy Komorowski menambahkan bahwa jika Anda terlihat baik, maka Anda juga akan merasa baik. Dua hal tersebut akan berpengaruh pada kenyamanan Anda. 

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Best Hair Products for Men: Gel, Pomade, Wax and Mousse. Fatherly. (Accessed via: https://www.fatherly.com/gear/hair-products-for-men/)
Hair Gel, Hair Pomade, Hair Paste—What Do They All Do?. Dollar Shave Club. (Accessed via: https://www.dollarshaveclub.com/content/story/hair-gel-hair-pomade-hair-paste-whats-difference-anyway)
Pomades Vs Wax Vs Gel Vs Clay And Their Key Differences. Tools of Men. (Accessed via: https://www.toolsofmen.com/pomades-vs-wax-vs-gel-vs-clay/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app