8 Cara Mudah Menghentikan Kebiasaan Merokok

Dipublish tanggal: Jun 13, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
8 Cara Mudah Menghentikan Kebiasaan Merokok

Tren hidup sehat sedang diminati saat ini. Banyak orang yang berlomba-lomba membiasakan hidup sehat. Tentunya Anda juga ingin melakukan hidup sehat juga bukan? Membiasakan hidup sehat memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. 

Butuh komitmen dan kerja keras untuk mencapai tujuan tersebut. Meskipun sulit dilakukan, tetapi hasil dari pola hidup sehat sangatlah bermanfaat bagi tubuh, seperti tubuh akan merasa lebih fit, mudah berkonsentrasi, serta terhindar dari risiko penyakit berbahaya.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Penerapan pola hidup sehat, berarti juga harus menghentikan kebiasaan merokok. Saat ini banyak tempat-tempat umum yang melarang merokok sembarangan. Biasanya disediakan tempat khusus bagi perokok. Tentunya hal ini akan menimbulkan perasaan tidak nyaman saat merokok. Namun, menghilangkan kebiasaan merokok bukanlah hal mudah. 

Apalagi jika sudah kecanduan nikotin. Berhenti merokok justru akan membuat tubuh merasa lemas, mudah capek, susah berkonsentrasi, hingga mudah marah. Hal ini tentunya membuat Anda gagal berhenti merokok. Beberapa tips berikut dapat dilakukan untuk menghentikan kebiasaan merokok.

Menghindari lingkungan perokok

Anda sebaiknya mencari tempat-tempat bebas rokok untuk menghindari keinginan merokok. Berada di lingkungan perokok hanya akan membuat keinginan merokok mudah muncul lagi. Pergilah ke bioskop, perpustakaan, ataupun ke toko. Ketika sedang makan, pilihlah tempat makan yang menyediakan tempat bebas rokok.

Membuat daftar alasan berhenti merokok

Mengingat alasan berhenti merokok dapat memotivasi untuk terus berhenti merokok. Tulislah alasan mengapa Anda ingin berhenti merokok dan taruhlah di tempat-tempat yang biasa dikunjungi.  

Beberapa orang berhasil menghentikan kebiasaan merokok dengan menempelkan foto orang yang disayang atau keluarga di samping daftar alasan berhenti merokok.

Melakukan aktivitas setiap hari

Tetap beraktivitas merupakan cara ampuh untuk melupakan keinginan merokok. Selain itu, beraktivitas juga akan mengeluarkan hormon androgen yang menyebabkan suasana hati menjadi senang dan menghindari stress. Aktivitas yang paling mudah untuk dilakukan adalah lari. Sisihkanlah waktu Anda untuk berolahraga, setidaknya 3 hari dalam seminggu.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Memakan permen dan cemilan

Mengunyah permen juga terbukti dapat mengurangi keinginan untuk merokok. Pilihlah permen yang tidak mengandung gula agar tidak merusak gigi. Selain itu, memakan cemilan juga dapat dilakukan untuk mengurangi keinginan merokok. Pilihlah makanan yang sehat dan rendah kalori supaya berat badan tetap terjaga.

Meminta dukungan dari teman

Menghentikan kebiasaan merokok memang bukan hal yang mudah, dukungan dari orang lain terkadang juga diperlukan. Mintalah bantuan teman untuk memotivasi dan menyemangati Anda untuk berhenti merokok. Bantuan teman akan bermanfaat untuk mengingatkan dan mengawasi jika mulai muncul keinginan untuk merokok lagi.

Membatasi Konsumsi Kafein

Kafein membuat Anda menjadi aktif dan terjaga di malam hari. Hal ini dapat menyebabkan stres, gelisah, dan tegang. Keinginan untuk merokok juga dapat muncul kembali. Mengingat merokok dapat menimbulkan efek menjadi tenang. Selain itu, kebiasaan banyak orang yang merokok sambil minum kopi, membuat keinginan merokok akan muncul lagi saat minum kopi.

Menjaga suasana hati

Suasana hati yang buruk dapat meningkatkan keinginan untuk merokok lagi. Carilah cara untuk menjaga situasi hati tetap dalam keadaan baik. Berlibur atau berjalan-jalan bersama teman mungkin dapat dilakukan untuk membuat hati merasa senang. 

Selain itu, lakukanlah aktivitas lain yang membuat Anda merasa senang seperti, bermain game, membaca buku, ataupun menonton.

Menghindari orang yang tidak mendukung

Mungkin ada orang yang tidak setuju dengan keputusan Anda berhenti merokok. Sebaiknya hindarilah mereka untuk sementara waktu. Yakinkanlah diri sendiri untuk tetap pada komitmen awal untuk berhenti merokok karena ingin melakukan gaya hidup sehat.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
10 self-help tips to stop smoking. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/live-well/quit-smoking/10-self-help-tips-to-stop-smoking/)
Five ways to quit smoking. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/319460)
Quitting smoking: 10 ways to resist tobacco cravings. Mayo Clinic. (https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/quit-smoking/in-depth/nicotine-craving/art-20045454)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app