Doctor men
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
Kebiasaan Sehat

6 Perubahan Fisik Setelah Berhenti Merokok

Update terakhir: NOV 17, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.131.799 orang

6 Perubahan Fisik Setelah Berhenti Merokok

Tanpa disadari jumlah perokok aktif di Indonesia setiap tahunya terus mengalami peningkatan. Bahkan hingga tahun 2015 saja jumlah perokok di Indonesia sudah mencapai 90 juta jiwa dan menduduki urutan pertama di dunia. Padahal hampir semua orang mungkin telah menyadari bahwa merokok memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan

Bahkan dengan berhenti merokok, ditemukan fakta bahwa kondisi fisik akan terlihat jauh lebih sehat dan segar. Apa saja perubahan fisik yang mungkin terjadi setelah berhenti merokok?

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

6 Perubahan Fisik Setelah Berhenti Merokok

1. Gigi Tampak Lebih Putih dan Napas Lebih Segar

Seperti yang sudah diketahui bahwa kandungan zat nikotin, tar, dan tembakau yang terdapat dalam rokok dapat menyebabkan gigi menjadi lebih kuning. Maka dengan berhenti merokok tentunya akan menjauhkan gigi Anda dari berbagai zat berbahaya yang dapat menyebabkan gigi menjadi kuning bahkan rusak. Selain itu, dengan berhenti merokok juga dapat membuat warna gigi tampak lebih putih dan napas lebih segar.

2. Kulit Terlihat Lebih Sehat

Tanpa disadari kebiasaan merokok ternyata dapat membuat kulit terlihat lebih buruk. Beberapa masalah yang mungkin muncul dapat berupa kulit keriput, komedo, hingga munculnya kantong mata. Masalah ini tentunya akan membuat penampilan menjadi kurang menarik.

Munculnya kantong mata pada perokok ini disebabkan karena racun yang terkandung dalam rokok merusak jaringan halus di area mata. Tak hanya membuat gigi lebih putih dan napas lebih segar saja, dengan berhenti merokok juga menjauhkan mata Anda dari zat berbahaya yang terkandung dalam asap rokok sehingga membuat kulit menjadi lebih sehat.

Baca juga: 5 Cara Alami Hilangkan Garis Halus

3. Mata Terlihat Lebih Cerah

Selain munculnya kantung mata, pada mata seorang perokok akan cenderung terlihat memerah, kering, dan lelah karena paparan asap rokok yang dikonsumsi. Tak hanya akan membuat tubuh menjadi lebih sehat, dengan berhenti merokok juga membantu mata Anda terhindar dari paparan asap rokok yang dapat menyebabkan iritasi pada mata seperti mata lelah, kuning, dan memerah. Mata Anda juga akan terlihat lebih cerah dan sehat.

4. Rambut Terlihat Lebih Sehat

Sebuah penelitian menemukan adanya hubungan antara kebiasaan merokok dan munculnya rambut putih (uban). Perubahan warna rambut ini terjadi karena zat yang terkandung dalam rokok mampu merusak sel folikel rambut yang mampu menghambat asupan oksigen yang dibutuhkan oleh rambut sekaligus menyempitkan pembuluh darah.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Kebanyakan orang kurang menyadari bahwa kebiasaan merokok ternyata juga dapat mempengaruhi kesehatan rambut. Jadi dengan berhenti merokok tentunya Anda bisa mengatasi masalah tersebut dan rambut Anda akan jauh terlihat lebih sehat dari sebelumnya.

Baca juga: Bahan Alami Menumbuhkan Rambut

5. Mempercepat Penyembuhan Luka

Ternyata kebiasaan merokok juga dapat membuat molekul hemoglobin tidak membawa oksigen yang seharusnya dibutuhkan oleh tubuh. Tak hanya akan mempersempit pembuluh darah, kebiasaan merokok juga akan mempersulit hemoglobin dan oksigen untuk mencapai jaringan yang dibutuhkan. Hal ini tentu akan membuat proses penyembuhan luka dari seorang perokok berlangsung lebih lama.

6. Membuat Terlihat Awet Muda

Ternyata semakin lama seseorang merokok juga semakin membuat orang tersebut terlihat lebih tua dan wajah yang kusam. Sebuah penelitian menujukkan bahwa setiap 10 tahun merokok akan membuat Anda terlihat 2,5 tahun lebih tua dari umur sebenarnya. Hal ini disebabkan karena kebiasaan merokok akan mempersempit pembuluh darah yang berada di lapisan kulit terluar sehingga akan merusak aliran darah

Terlebih lagi tanpa adanya aliran darah yang lancar ke seluruh tubuh, kulit tidak bisa menerima nutrisi dan oksigen yang seharusnya dibutuhkan. Bahkan tembakau pada rokok juga dapat merusak elastisitas dan kolagen yang menyebabkan penuaan dini.

Itulah beberapa fakta kesehatan yang baik jika Anda berhenti merokok karena dapat membuat penampilan Anda terlihat lebih sehat dan segar. Hal ini juga membuat pembuluh darah yang membawa oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh mengalir lancar ke seluruh tubuh sehingga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

Baca juga: Metode Akupuntur Dapat Membantu Berhenti Merokok

Referensi

Everydayhealth. 6 Ways Smoking Makes You Look Older

Healthline. Benefits of Quitting Smoking and a Quit Smoking Timeline

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit