5 Langkah Efektif Jauhkan Anak dari Pengaruh Rokok dan Narkoba

Anak yang terbiasa melihat tetangga atau bahkan orang tuanya merokok, berisiko untuk menjadi perokok saat dewasa nanti. Mulai dari rokok, kemudian dia coba-coba mendekati narkoba. Oleh karena itu, perlindungan anak dari pengaruh rokok dan narkoba harus dilakukan sedari dini
Dipublish tanggal: Jun 13, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Waktu baca: 2 menit
5 Langkah Efektif Jauhkan Anak dari Pengaruh Rokok dan Narkoba

Anak yang terbiasa melihat tetangga atau bahkan orang tuanya merokok, berisiko untuk menjadi perokok saat dewasa nanti. Mulai dari rokok, kemudian dia coba-coba mendekati narkoba. Oleh karena itu, perlindungan anak dari pengaruh rokok dan narkoba harus dilakukan sedari dini.

 Ikuti langkah-langkah berikut, agar anak Anda bisa terhindar dari pengaruh rokok dan narkoba.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

1. Beri penjelasan terkait Hal yang berbahaya bagi anak

Masa kanak-kanak, merupakan masa yang paling tepat untuk menanamkan nilai-nilai kehidupan pada anak, termasuk tentang baik dan buruknya suatu hal. Nah, Anda bisa langsung menjelaskan pada anak Anda tentang efek buruk dari rokok serta narkoba. 

Dalam menjelaskannya, pilihlah kata dan kalimat yang sederhana, agar anak Anda mudah mengerti hal yang Anda sampaikan.

Jika diperlukan, Anda bisa menggunakan media gambar untuk membuat anak menjadi lebih tertarik dengan penjelasan Anda. Jangan hanya mengatakan hal ini dan itu tidak boleh, tanpa memberikan alasan mengapa Anda melarangnya melakukan hal yang sama. 

Melalui pendekatan seperti ini setiap harinya, dalam pikiran anak akan terpatri bahwa rokok dan narkoba itu merugikan.

2. Tanyakan tentang kegiatan yang anak lakukan

Saat anak Anda pulang bermain atau pulang dari sekolah, jangan lupa untuk menanyakan kegiatan apa saja yang telah dia lakukan. Dengan cara seperti ini, anak akan belajar bahwa keterbukaan antara dia dengan Anda merupakan hal yang wajar. 

Anak merasa diperhatikan dan Anda jadi tahu hal baru yang dipelajarinya di luar sana, saat Anda tak bisa langsung mengawasinya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Selain itu, cara ini juga efektif untuk melindungi anak dari pengaruh buruk di luar rumah. Mungkin saja di sekolah atau lingkungan bermainnya, ia mendengar istilah atau melihat kebiasaan baru yang kurang baik bahkan dari temannya sendiri. 

Saat ia membicarakan hal tersebut dengan Anda, Anda bisa langsung memberikan penjelasan padanya bahwa hal itu sebaiknya tidak ditiru.

3. Jadilah teladan yang baik untuk anak

Keluarga terutama sekali orang tua, merupakan sosok pertama yang akan ditiru oleh anak. Oleh karena itu, Anda harus bisa menjadi teladan yang baik baginya. Jika kebetulan Anda merokok atau bahkan menggunakan narkoba, bukan mustahil jika kelak anak pun melakukan hal yang sama dengan Anda. 

Selalu berikan pengaruh positif pada anak Anda.

Jika kebetulan Anda merupakan seorang perokok, segera motivasi diri Anda untuk berhenti merokok. Jangan pernah merokok di depan anak atau pun meletakkan rokok pada tempat yang bisa dia lihat. 

Usaha untuk berhenti merokok ini tak hanya bermanfaat untuk kesehatan Anda saja, namun juga untuk seluruh anggota keluarga Anda.

Iklan dari HonestDocs
Derma Filler Wajah Di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk meninggikan hidung, membentuk dagu supaya lebih Vshape, membentuk bibir supaya lebih menawan, dan menghilangkan kantung mata. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Derma filler wajah di genese clinic

4. Bangunlah keluarga yang harmonis

Kebanyakan orang yang terjerumus memakai narkoba, meminum alkohol, serta jadi perokok berat, disebabkan oleh keluarganya yang berantakan. Anak menjadi tak nyaman di rumah, sehingga berusaha mencari kenyaman dengan memakai obat-obatan terlarang. 

Ciptakan suasana yang harmonis dalam rumah tangga Anda, agar anak betah menghabiskan waktu dengan keluarga.

5. Ada konsekuensi setelah melakukan kesalahan

Dalam membesarkan anak, Anda harus mengajarkan bahwa setiap kesalahan yang diperbuat memiliki konsekuensi yang harus ditanggung. Misalnya saat anak tidak membuat PR, maka dia harus membantu Anda menyapu halaman. 

Dengan mengerti bahwa ada efek dari melakukan kesalahan, dia akan berusaha untuk menjalani hidup sepositif mungkin.

Sebagai orang tua, Anda memegang peranan penting dalam melindungi anak dari pengaruh hal buruk, terutama rokok dan narkoba. Beri pemahaman padanya tentang baik dan buruknya suatu hal, serta konsekuensi yang akan diterima jika melakukan pelanggaran. 

Ketika Anda sudah menanamkan nilai-nilai baik sedari dini, dia pun akan bisa menjaga dirinya saat dewasa nanti.


4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Keeping Your Kids Tobacco-free. American Cancer Society. (https://www.cancer.org/healthy/stay-away-from-tobacco/keeping-your-kids-tobacco-free.html)
Parent and Child Cigarette Use: A Longitudinal, Multigenerational Study. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3876755/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app