Doctor men
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
Kebiasaan Sehat

Benarkah Metode Akupuntur Dapat Membantu Berhenti Merokok?

Update terakhir: NOV 13, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.006.470 orang

Benarkah Metode Akupuntur Dapat Membantu Berhenti Merokok?

Merokok biasanya sudah menjadi sebuah kebiasaan yang sulit untuk dihentikan apalagi jika sudah dilakukan sejak lama. Padahal jika terus dibiarkan, kebiasaan buruk tersebut mungkin saja menimbulkan berbagai risiko kesehatan, termasuk kanker paru-paru. 

Untuk membantu mengurangi bahkan menghentikan kebiasaan merokok tersebut, salah satu metode yang dapat dicoba adalah melalui metode akupuntur yang diklaim dapat membantu seseorang berhenti merokok. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan seputar metode akupuntur untuk membantu menghentikan kebiasaan merokok.

Benarkah Akupuntur Dapat Membantu Berhenti Merokok?

Akupuntur merupakan salah satu metode yang dipercaya sangat efektif untuk menghentikan kebiasaan dan membatasi keinginan merokok dalam jangka waktu yang lama. Bahkan ada banyak orang yang berhasil dan ada pula banyak penelitian yang membuktikan keberhasilannya.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa metode akupuntur dan hipnoterapi efektif membantu pasien untuk berhenti merokok. Dalam dunia ilmiah sendiri, akupuntur memang bukan salah satu metode yang direkomendasikan agar bisa berhenti merokok, meski begitu ada banyak sekali penelitian yang membuktikan bahwa akupuntur efektif membantu banyak orang untuk menghentikan kebiasaan merokok.

Teknik akupuntur sangat efektif untuk membantu mengurangi kebiasaan merokok dengan menghentikan rasa gelisah, mengurangi rasa mudah marah dan lelah, membatasi keinginan akan sesuatu, meningkatkan relaksasi, hingga membantu mendetoksifikasi tubuh. Tak hanya itu, akupuntur juga membantu mengembalikan keseimbangan tubuh dan mempercepat proses pemulihan asal didukung oleh keinginan diri sendiri untuk berhenti merokok.

Baca juga: Fakta Seputar Hipnotis untuk Menghentikan Kebiasaan Merokok

Titik Akupuntur yang Digunakan untuk Berhenti Merokok

Pada dasarnya terdapat titik “Tim Mee” yang secara khusus digunakan membantu menghentikan kebiasaan merokok. Titik tersebut tepatnya berada pada 1 jari di atas lipatan pergelangan tangan yang berada di bagian dalam lengan. Titik “Tim Mee” ini mampu membantu seseorang menghentikan kebiasaan merokok sekaligus mengubah rasa rokok menjadi tidak menyenangkan.

Meski begitu perlu diingat bahwa titik akupuntur saja tidak cukup, pasalnya merokok merupakan sebuah kebiasaan yang rumit. Meski titik “Tim Mee” ini terbilang cukup ampuh, namun juga harus diimbangi dengan titik lainnya untuk menyeimbangkan tubuh, melawan keinginan merokok, hingga proses pemulihan. Metode akupuntur ini dapat dilakukan 1-2 kali dalam seminggu dan dijalani selama sekitar 6 bulan untuk membantu berhenti merokok.

Akupuntur Hanya Bisa Mengurangi Keinginan Merokok Tetapi Tidak Bisa Mengubah Kebiasaan

Tanpa disadari keinginan fisik merupakan salah satu aspek dari ketergantungan pada rokok. Bahkan sering kali kebiasaan merokok cenderung lebih sulit dihentikan dibandingkan dengan ketergantungan fisik. Selain itu, perlu diingat bahwa metode akupuntur memang bisa mengurangi keinginan merokok namun tidak bisa mengubah sebuah kebiasaan. Karena niat dari diri sendirilah yang dibutuhkan untuk memperkuat keinginan untuk menghentikan kebiasaan merokok tersebut.

Jika Anda sering menjadikan rokok untuk membantu melampiaskan dan mengatasi masalah sulit yang terjadi dalam hidup, maka dengan berhenti merokok tentunya akan menyiksa diri. Bahkan jika merokok dijadikan sebagai kebiasaan harian, maka dengan tidak merokok akan membuat Anda merasa janggal. Hal demikian memang sangat wajar terjadi karena untuk menghentikan kebiasaan memang butuh dukungan dari lingkungan dan emosional.

Oleh karena itu, carilah hal lain yang dapat menggantikan kebiasaan merokok Anda, misalnya dengan berolahraga, makan permen karet, minum air putih atau jus buah, atau kegiatan lainnya yang jauh dari asap rokok.

Baca juga: Cara Lain Berhenti Merokok yang Efektif

Teknik Akupuntur Sederhana untuk Mengatasi Keinginan Merokok

Melakukan pijatan pada daerah telinga dan melepas endorfin merupakan salah satu cara efektif yang bisa dilakukan untuk mengatasi keinginan merokok secara alami. Bahkan pijatan pada daerah telinga ini juga mampu menstimulasi titik akupuntur yang dapat menyeimbangkan IQ. Pada dasarnya ada banyak sekali teknik pijat telinga yang bisa Anda lakukan.

Bahkan pada beberapa kasus ahli akupuntur juga akan meletakkan maniak kecil pada sebuah titik dan menahannya menggunakan plester. Jika keinginan untuk merokok muncul, Anda hanya perlu menekan bagian maniak tersebut sehingga keinginan untuk merokok akan berkurang.

Rempah Dapat Membantu Mengatasi Keinginan untuk Merokok

Pada dasarnya ada banyak sekali rempah-rempah yang bisa Anda manfaatkan untuk membantu mengatasi keinginan untuk merokok, seperti ginseng, St. John wort, ladah hitam, jahe, calamus, bahkan jeruk nipis yang sangat mudah ditemui. Tak hanya mengatasi mampu mengatasi keinginan untuk merokok saja, tetapi rempah-rempah juga mampu membantu mengatasi rasa mudah marah, perbaikan jaringan, hingga detoksifikasi tubuh.

Itulah beberapa fakta seputar metode akupuntur yang sangat efektif untuk mengatasi kebiasaan merokok. Mengingat kebiasaan merokok merupakan kebiasaan yang sulit dihentikan dan rokok memiliki banyak dampak negatif bagi kesehatan tubuh sehingga tak ada salahnya Anda mulai mencoba metode akupuntur untuk menghentikan kebiasaan yang satu ini dan mulailah menguatkan keinginan diri untuk tidak merokok.


Referensi

Healthline. How to Quit Smoking Naturally — from an Eastern Perspective

Clevelandclinic. Want to Quit Smoking? Acupuncture Can Help You With Cravings

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit