5 Cara Agar Cepat Lepas dari Kecanduan Rokok

Dipublish tanggal: Jun 20, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Waktu baca: 2 menit
5 Cara Agar Cepat Lepas dari Kecanduan Rokok

Ketika Anda hendak meninggalkan kebiasaan merokok yang sudah lama dijalani, mungkin rasanya sangat berat dan sulit. Namun, niat itu sejatinya sudah benar karena lepas dari rokok berarti dapat memperbaiki kualitas kesehatan Anda. 

Meskipun rasa-rasanya sulit, namun ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk lepas dari kecanduan ini. Apa saja itu? Berikut ulasannya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Antidot via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 17

Cari pemicunya

Pertama-tama Anda harus menemukan dulu sebab mengapa Anda merokok. Biasanya ada beberapa kebiasaan yang menjadi pemicunya. Jika hal ini sudah ditemukan, maka Anda akan lebih mudah menghindari rasa ingin merokok. 

Contohnya pemicu kebiasaan merokok Anda adalah ketika stres atau setelah makan. Maka, cobalah cari solusi agar kedua hal tersebut tidak menjadi pemicu lagi.

Sebuah studi di Amerika Serikat pernah melakukan penelitian yang menunjukkan bahwa makan makanan seperti daging dapat mendorong Anda untuk lebih ingin merokok. 

Nah, sebagai gantinya, cobalah ganti menu daging dengan sayuran atau buah setelah makan. Atau Anda juga bisa mengubah kebiasaan merokok dengan aktivitas positif seperti mencuci piring atau membereskan meja setelah makan.

Membuat target

Meski tampaknya sederhana, namun niat berhenti merokok harus ada targetnya. Apakah kiranya Anda akan mudah meninggalkan kebiasaan tersebut atau butuh waktu yang lama? 

Nah, di sini Anda disarankan agar membuat target. Misalnya dengan pelan-pelan mengurangi jumlah rokok per hari. Biasakan hal tersebut selama satu minggu, kemudian buat target baru lagi seperti merokok hanya satu batang per hari, dan seterusnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Antidot via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 17

Buat sebuah catatan

Catatan yang perlu Anda buat adalah tentang alasan mengapa Anda ingin berhenti merokok. Buat sebuah list dan ditulis besar-besar di sebuah kertas. Contoh isinya adalah:

  • saya ingin hidup lebih sehat,
  • saya ingin menjadi contoh yang baik untuk anak-anak saya,
  • saya ingin menjaga kesehatan keluarga saya, dan sebagainya.

Nah, letakkan catatan tersebut di dinding atau tempat yang sering Anda lihat. Tujuannya agar ketika Anda melanggar janji untuk tidak merokok, Anda bisa segera sadar dan kembali fokus pada tujuan. 

Hal ini seperti afirmasi, yang mana apabila setiap hari dibaca maka bisa menempel di pikiran dan akan Anda lakukan secara tidak sadar.

Lebih aktif berolahraga

Banyak orang yang hobi olahraga tetapi juga merokok. Namun jika sudah menjadi perokok yang sangat aktif, biasanya mereka akan kurang suka beraktivitas fisik. Apabila kebiasaan buruk ini dibiarkan begitu saja, maka risiko penyakit-penyakit lain pun akan muncul di masa yang akan datang.

Maka dari itu untuk melupakan kebiasaan merokok, sering-seringlah beraktivitas fisik setiap hari. Tidak perlu harus selalu olahraga berat. Minimal lakukan stretching, jogging atau senam. 

Selain dapat menjaga kebugaran tubuh, olahraga juga dinilai efektif membantu berhenti merokok. Sebab pada saat tubuh aktif melakukan kegiatan fisik, maka otak akan memproduksi hormon untuk mengontrol kebiasaan buruk Anda.

Kerjasama dengan keluarga dan teman

Trik terakhir untuk mengakali kebiasaan merokok yang sudah parah adalah bekerja sama dengan keluarga dan teman. Jika keluarga dan teman-teman Anda suportif, minta mereka agar selalu mengingatkan Anda jika suatu hari muncul keinginan untuk merokok lagi. 

Tetapi jika teman Anda justru selalu memprovokasi keinginan merokok, maka untuk sementara waktu sebaiknya pilih teman bergaul yang lebih suportif.

Kesimpulannya, menghentikan kebiasaan merokok bukanlah perkara mudah, namun itu bukan tidak mungkin terjadi. Yang Anda perlukan adalah usaha dan keseriusan dalam meluruskan niat, serta dukungan dari lingkungan sekitar.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How Can I Quit Smoking? (for Teens). Nemours KidsHealth. (https://kidshealth.org/en/teens/quit-smoking.html)
7 Tips for Surviving Nicotine Withdrawal. Verywell Mind. (https://www.verywellmind.com/surviving-nicotine-withdrawal-2824750)
Five ways to quit smoking. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/319460)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app