3 Fakta Lain Tentang Gegar Otak

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 1 menit
3 Fakta Lain Tentang Gegar Otak

Sekitar 135 ribu anak-anak usia 5-18 tahun menginjakkan kaki di ruang gawat darurat hanya karena gegar otak dan luka trauma lainnya pada kepala. Melalui pengenalan akan beberapa fakta berikut, Anda dapat melakukan pencegahan akan terjadinya gegar otak :

Fakta Mengenai Gegar Otak

1. Memakai helm bukan berarti aman

Menggunakan helm sebagai pelindung kepala merupakan hal yang penting karena helm mampu mencegah patahnya tulang tengkorak dan mengurangi dampak pukulan. Gegar otak dapat terjadi saat otak bergeser di dalam tengkorak, dan helm tidak dapat mencegah gerakan tersebut. Gegar otak tidak dapat dicegah. Berlatihlah beladiri untuk menghindari pukulan tak diduga pada kepala.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

2. Gegar otak tidak selalu membuat pingsan

Kebanyakan orang menganggap bahwa gegar otak dimulai dengan adegan pingsan, namun hal itu tidak selamanya terjadi. Gejala serius setelah terjadinya luka pada kepala justru meliputi kantuk berlebihan, muntah berulang kali, kejang, atau sakit kepala yang memburuk, gugup berlebihan, dan pandangan kabur. 

3. Istirahat mental sama pentingnya dengan istirahat fisik

Solusi terbaik dari pemulihan gegar otak adalah istirahat. Istirahat dapat dilakukan berhari-hari bahkan berbulan-bulan. Jangan melakukan aktifitas seperti bersepeda ataupun skateboarding hingga dokter menyatakan kesembuhan total pada penderita. Jika terjadi permasalahan saat berbicara, ataupun membaca berarti penderita memerlukan waktu yang lebih banyak untuk beristirahat.

 

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Concussion. American Academy of Family Physicians. (https://familydoctor.org/condition/concussion/)
TBI: Get the Facts - Concussion - Traumatic Brain Injury. Centers for Disease Control and Prevention (CDC). (https://www.cdc.gov/traumaticbraininjury/get_the_facts.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app