11 Cara Membantu Suami Agar Berhenti Merokok

Dipublish tanggal: Mei 28, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
11 Cara Membantu Suami Agar Berhenti Merokok

Jika Anda merasa terganggu oleh suami Anda yang seorang perokok dan Anda merasa khawatir terhadap kesehatannya, maka anda dapat membantunya untuk berhenti dari kebiasaan merokoknya. Namun, harus ada keinginan tersendiri dari suami Anda untuk berhenti dari kebiasaan merokok.

Anda dapat memberikan beberapa saran untuk membantunya. Nikotin yang ada dalam rokok merupakan bahan adiktif yang sulit untuk terlepas sepenuhnya. Meskipun demikian, Anda jangan cepat menyerah dan selalu ingatkan suami Anda  karena ia butuh dukungan untuk berhasil.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Cara membantu suami untuk berhenti merokok

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu suami Anda berhenti merokok.

1. Siapkan fakta

Anda dapat melakukan beberapa pengamatan dan menyiapkan beberapa fakta tentang asap rokok. Jika pun ia tidak mau peduli tentang kesehatannya, Anda dapat mendapatkan perhatiannya dengan cara menampakkan resiko yang akan berdampak pada Anda dan keluarga sebagai perokok pasif.

2. Simpan emosi

Jangan biarkan kata “berhenti merokok” menimbulkan perdebatan di antara kalian berdua. Tunjukkan keprihatinan Anda bahwa Anda merasa sedih dengan kecanduannya. Anda dapat mengekspresikan kemarahan anda dengan perkataan anda.

3. Awali dengan mengurangi

Berikan saran kepada suami untuk mengurangi jumlah rokok yang ia hisap setiap hari. Hal ini sebagai langkah awal jika ia tak mampu langsung berhenti secara total. Pada dasarnya, pecandu rokok memang sulit untuk berhenti dari kebiasaan merokoknya, sama saja seperti pecandu alkohol. 

Jadi, bantu ia untuk mengurangi jumlah rokok sedikit demi sedikit, hari ke hari, hingga ia benar-benar bisa berhenti dari merokok.

4. Buat daftar pro vs kontra

Bantu suami Anda untuk membuat daftar tentang mengapa ia memilih merokok dan keuntungan yang akan didapat jika berhenti merokok. Hal ini akan memotivasi dia untuk berhenti merokok.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

5. Beri dukungan

Seorang perokok perlu mencoba berulang kali untuk berhenti sebelum ia benar-benar bisa bebas dari rokok. Jadi, katakan padanya bahwa meskipun ia telah gagal beberapa kali, maka kali ini ia pasti akan berhasil.

6. Tentukan deadline

Berikan dia saran untuk menentukan hari apa ia benar-benar akan berhenti. Anda dapat menyarankannya untuk memilih tanggal yang signifikan, misalnya tanggal ulang tahunnya atau tanggal ulang tahun anda, lalu persiapkan semua hal untuk itu. 

Ketika pasangan Anda telah menghabiskan bungkus terakhir rokoknya, maka Anda harus siap untuk mengalihkan pikirannya dari rokok ke sesuatu yang lebih sehat. Anda dapat menyiapkan makanan ringan yang bergizi, dan bergabung di tempat gym, agar kalian berdua dapat fokus pada gaya hidup sehat.

7. Jauhi godaan

Anda dapat menyarankan pasangan Anda untuk pergi ke tempat-tempat yang dilarang merokok dan menghabiskan banyak waktu dengan teman-temannya yang bukan perokok agar dia terhindar dari godaan untuk merokok kembali.

8. Coba terus

Jika suami Anda gagal, dorong ia untuk bersemangat kembali, bantu dia untuk mencari tahu apa penyebab kegagalannya dan belajar dari kesalahannya. Dorong dia untuk mencoba lagi dan beritahu dirinya bahwa anda percaya ia akan berhasil.

9. Tanya apa yang Ia butuhkan

Tanyakan pada pasangan Anda jika ia membutuhkan sesuatu untuk benar-benar berhenti merokok. Setiap orang memiliki penyebab stres yang berbeda-beda, jadi anda tidak bisa menganggap bahwa seluruh jawaban Anda adalah yang terbaik untuknya.

10. Beri pujian dan imbalan

Anda dapat membuatkan kalender pribadi untuknya, lalu menandai hari-hari dimana ia terbebas dari asap rokok. Buatlah rencana terlebih dahulu, kemudian berikan ia pujian dan imbalan ketika berhasil mencapai target.

11. Jangan mengkritik

Berusahalah untuk tidak memberinya kritikan, menghakimi, menguliahi, ataupun menghukumnya karena ia akan merasa buruk terhadap dirinya sendiri. Kritikan Anda dapat membuat suami Anda punya pikiran untuk kembali menghisap rokok agar ia merasa lebih baik.


8 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
12 tips to support your quitter. (n.d.)
Do I have nicotine withdrawal? (n.d.)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app