Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR SCIENTIA INU KIRANA ENWA SIWI

Asam Urat - Penyebab, Gejala dan, Pengobatan

Update terakhir: Jul 6, 2019 Tinjau pada Apr 26, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 722.906 orang

Bagi banyak orang, gejala pertama pada asam urat adalah rasa sakit yang luar biasa dan pembengkakan di jempol kaki - sering disertai trauma, seperti sakit atau luka. 

Asam urat juga bisa muncul pada sendi tubuh bagian bawah lainnya, seperti pergelangan kaki atau lutut. Serangan selanjutnya mungkin terjadi pada sendi lain, terutama pada kaki dan lutut, sebelum menjadi kronis.

Asam urat biasanya menyerang satu sendi pada satu waktu, namun jika tidak diobati dapat mempengaruhi banyak persendian. 

Rasa sakit pada sendi biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam seminggu sampai 10 hari, rasa sakit tersebut biasanya hanya berupa gejala ringan namun sering hilang timbul seiring berjalannya waktu. 

Asam urat yang tidak diobati dapat menyebabkan masalah lain seperti Tophi, yaitu benjolan  yang terdiri dari kumpulan kristal asam urat. Benjolan ini tidak menimbulkan rasa sakit namun sangat mengganggu yang mana terbentuk dari penumpukan asam urat dapat di bawah kulit di sekitar persendian. Kristal juga bisa membentuk batu ginjal.

Asam urat dikaitkan dengan risiko kesehatan serius lainnya seperti tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit ginjal kronis dan penyakit kardiovaskular. Berikut akan dibahas mengenai gejala-gejala pada penyakit asam urat secara lengkap. Tanda dan gejala gout hampir selalu terjadi secara tiba-tiba, dan sering terjadi pada malam hari.

Nyeri sendi yang intens Asam urat biasanya mempengaruhi sendi pada jempol kaki Anda, tapi bisa terjadi pada sendi apapun. Sendi lain yang sering terkena meliputi pergelangan kaki, lutut, siku, pergelangan tangan dan jari. Biasanya menyerang pada satu bagian sendi.  Rasa sakitnya kemungkinan paling parah pada 1 sampai 12 jam pertama.

Ketidaknyamanan Setelah rasa sakit yang paling parah mereda, Akan muncul rasa tidak nyaman atau rasa mengganjal pada daerah bekas terjadinya rasa sakit. Serangan selanjutnya cenderung bertahan lebih lama dan mempengaruhi lebih banyak persendian.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Peradangan dan kemerahan Sendi atau sendi yang terkena menjadi bengkak, lembek, hangat dan merah.

Terbatasnya pergerakan sendi Saat bengkak karena penyakit asam urat, Anda mungkin tidak dapat menggerakan sendi Anda secara normal.

Kapan harus ke dokter

-Nyeri yang tiba-tiba dan intens di sendi sehingga mengganggu aktivitas

- Nyeri sendi tidak membaik dengan obat antinyeri dosis ringan

- Kerusakan sendi yang semakin buruk.

- Nyeri sendi disertai demam

Bagaimana Dokter mendiagnosa Asam Urat/Gout?

Pemeriksaan riwayat kesehatan Dokter akan bertanya mengenai pola makan, riwayat penyakit ini pada keluarga anda, obat-obatan yang selama ini anda konsumsi, dimanakah lokasinya, seberapa sering gejala muncul.

Tes Kadar Uric Acid Dalam Darah Selain itu, dokter mungkin juga perlu melakukan tes darah untuk mengukur kadar asam urat di dalam darah. Tes ini juga biasanya dilakukan pada setengah bulan atau satu bulan pasca terjadinya serangan gejala

Alasan dokter perlu menunggu waktu selama itu adalah karena level asam urat cenderung turun ketika serangan berlangsung.

Pemeriksaan Foto Rontgen Metode pemeriksaan X-ray biasanya hanya digunakan oleh dokter untuk tujuan pengesampingan. Karena meski kurang mampu mendeteksi keberadaan kristal asam urat di dalam sendi

metode pemeriksaan ini tetap mampu mendeteksi kondisi lain dengan gejala-gejala yang serupa (contohnya adalah chonrocalcinosis atau peradangan sendi akibat pembentukan kristal kalsium). 

Tes Cairan Sendi Salah satu jenis tes yang bisa mendeteksi keberadaan kristal asam urat adalah tes cairan sendi. Di dalam tes ini dokter akan mengambil sampel cairan sinovial di dalam sendi yang mengalami radang menggunakan jarum dan menelitinya melalui mikroskop. 

Jika pasien memang menderita penyakit asam urat, biasanya kristal-kristal natrium urat hampir selalu terlihat pada sampel cairan sinovialnya. 

Metode pemeriksaan ini juga membantu dokter untuk memastikan bahwa gejala tidak disebabkan oleh penyakit lain (misalnya septic arthritis dengan gejala pembengkakan dan kemunculan rasa nyeri yang tidak tertahankan disertai demam

Pemeriksaan Ultrasonografi Jenis tes yang kedua adalah pemindaian ultrasound (USG). Tes ini kini marak digunakan karena dianggap paling sederhana dan aman untuk mendeteksi keberadaan kristal natrium urat di dalam sendi yang mengalami radang atau di dalam lapisan kulit dalam.

Apabila kondisi-kondisi lain juga tidak ditemukan berkaitan dengan kerusakan sendi yang ada, maka dokter bisa berasumsi bahwa pasien menderita penyakit asam urat.

Komplikasi

Orang dengan asam urat bisa mengalami komplikasi, seperti:

Rasa sakit yang berulang Beberapa orang mungkin tidak akan mengalami gejala lagi setelah melakukan pengobatan asam urat. Namun kebanyakan Orang akan mengalami gejala asam urat beberapa kali setiap tahunnya. 

Obat-obatan dapat membantu mencegah serangan gout pada orang dengan gejala asam urat berulang. Jika tidak diobati, asam urat bisa menyebabkan erosi dan penghancuran sendi.

Asam Urat Tahap Lanjut Asam urat yang tidak diobati dapat menyebabkan endapan kristal urat terbentuk di bawah kulit pada nodul yang disebut tophi (TOE-fie). 

Tophi bisa berkembang di beberapa area seperti jari tangan, tangan, kaki, siku atau tendon Achilles di sepanjang punggung pergelangan kaki. Tophi biasanya tidak menyakitkan, tapi mereka bisa menjadi bengkak dan empuk saat serangan gout.

Batu ginjal Kristal urat bisa terkumpul di saluran kemih orang dengan asam urat, menyebabkan batu ginjal. Obat dapat membantu mengurangi risiko batu ginjal.

Gangguan ginjal karena asam urat (Uric Nephropathy)

Infeksi sekunder pada tulang

Patah tulang

Patah tulang dikarenakan kerusakan sendi akibat pembentukan kristal asam urat

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit