HEALTH SHOP

Penyakit

Obat

Cari Rumah Sakit

Tanya Dokter

Artikel

Hewan Peliharaan

Apotik

ติดต่อเรา

Temukan info penyakit, obat-obatan, rumah sakit, dan artikel kesehatan lainnya di sini

Asam Urat Asam Salisilat Cataflam Keputihan
Kesehatan Mulut dan Gigi

Obat Sariawan Terbukti Paling Ampuh

Update terakhir: Apr 15, 2019 Tinjau pada Jul 13, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 813.493 orang

Ketika sariawan melanda, seolah tidak ada hal yang lebih penting selain "obat sariawan" atau dengan kata lain segala sesuatu yang bisa mengobati dan menyembuhkan sariawan dengan cepat dan tuntas.

Walaupun sariawan merupakan penyakit yang tergolong sering terjadi, bahkan ada yang berlangganan dengannya namun sayangnya banyak yang belum mengetahui obat sariawan apa yang benar-benar ampuh menghilangkan sariawan dalam waktu yang relatif singkat.

Memang, berdasarkan ilmu kedokteran kebanyakan sariawan di mulut tidak memerlukan pengobatan khusus, karena akan sembuh sendiri dalam waktu 10-14 hari. Jadi, jika Anda merasa malas atau enggan mengobatinya, dan tahan merasakan penderitaan itu, maka tunggu saja, toh akan sembuh sendiri.

Akan tetapi, jika Anda ingin sariawan sembuh lebih cepat dan mengurangi rasa sakit yang ditimbulkannya, maka berikut ini cara mengobati sariawan dengan perawatan yang dapat anda lakukan di rumah termasuk obat sariawan yang terbukti ampuh yang dapat Anda gunakan.

Tips Perawatan untuk Mengobati Sariawan

Jika Anda memiliki sariawan ringan, maka ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk membantu agar sembuh lebih cepat, sebagai berikut:

  • Gunakan sikat gigi yang lembut saat menggosok gigi.
  • Luangkan waktu untuk berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan garam, setidaknya sehari 3 kali selama 1 menit.
  • Hindari makanan yang keras, kasar atau mungkin tajam, makanan atau minuman yang pedas dan asam hingga sariawan sembuh. Sebaliknya beralihkan mengonsumsi makanan lunak yang lebih mudah untuk dikunyah dan tidak menimbulkan resiko perlukaan.
  • Hindari hal-hal atau makanan yang menurut Anda menjadi pemicu timbulnya sariawan. Lebih lanjut silahkan baca penyebab sariawan.
  • Kurangi stress, karena ini dapat menurunkan daya tahan tubuh sehingga bisa membuat seseorang menjadi rentan terkena sariawan. Bagi yang memang sudah terkena, stress juga dapat memperlambat proses penyembuhan. Oleh karena itu cobalah untuk santai atau rileks dalam menjalani hidup ini.

Coba perhatikan, apabila sariawan disebabkan oleh penyebab fisik tertentu, seperti gigi tajam, behel, atau karang gigi, maka biasanya akan sembuh secara alami setelah penyebabnya diatasi dalam hal ini mungkin perlu bantuan dari dokter gigi.

Obat sariawan yang terbukti manjur

Apabila diperlukan, dokter atau dokter gigi akan meresepkan obat yang dapat membantu meringankan gejala-gejala seperti rasa sakit, pedih, dan ketidaknyamaan, atau bahkan pembengkakan.

Bagi yang malas pergi ke dokter, obat sariawan juga dapat dibeli tanpa resep dari apotek setempat, meskipun Anda harus konsultasi dengan apoteker mengenai obat mana yang boleh dan cocok untuk Anda. Hal ini penting, karena ada beberapa obat yang tidak boleh digunakan untuk anak-anak atau untuk wanita yang sedang hamil, menyusui karena alasan keamanan.

Berikut obat sariawan yang dapat digunakan:

Kortikosteroid

Kortikosteroid adalah jenis obat yang berfungsi untuk mengurangi peradangan. Obat ini dapat membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh sariawan dan membantu penyembuhan lebih cepat. Kortikosteroid tersedia dalam berbagai bentuk, seperti obat kumur dan semprotan. 

Ada juga sediaan krim yang dapat digunakan dengan cara dioleskan langsung terutama untuk sariawan sudut bibir dan juga sariawan di lidah. Obat ini tidak boleh digunakan dalam jangka panjang.

Obat Kumur Antimikroba

Obat kumur antimikroba membantu membunuh bakteri, virus atau jamur yang dapat menginfeksi sariawan sehingga dapat membantu mempercepat penyembuhan.

Chlorhexidine glukonat adalah obat kumur yang paling sering diresepkan, meskipun ada pula yang bebentuk gel dan semprotan. Chlorhexidine glukonat biasanya digunakan dua kali sehari.

Obat Tetes Sariawan

1. Borax Glyserin

Merupakan obat golongan antiseptik / desinfektan yang umumnya digunakan sebagai obat sariawan sebagai pereda nyeri, selain itu bisa juga digunakan untuk mengatasi luka pada puting susu, serta sebagai cairan pembersih mulut pada orang sakit yang tidak sadar. Contoh merk dagangny adalah GOM.

2.  Gentian Violet 1%

Obat ini berupa cairan berwarna biru keunguan (violet) yang mengandung kristal violet digunakan untuk mengatasi bibir pecah-pecah dan sariawan. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu dengan cara mengoleskan pada mulut yang sakit atau yang terkena sariawan beberapa kali sehari. Tapi ingat, jangan ditelan ya!

3. Policresulen (ALBOTHYL®)

Obat sariawan ini cukup terkenal karena banyaknya iklan di TV yang menayangkan. Berdasarkan keterangan pada label, obat ini bekerja sebagai antiseptik (membunuh kuman dan mencegah infeksi), hemostatik (menghentikan perdarahan), dan astringent (menciutkan) dan menutup luka terbuka.

Untuk mengobati sariawan obat ini dapat menghilangkan rasa perih sariawan, menciutkan dan menutup luka sariawan dengan cepat tanpa mempengaruhi jaringan yang sehat di sekitarnya.

Ada banyak cara ataupun obat untuk mengobati sariawan, berdasarkan pengalaman penulis perawatan sederhana termasuk berkumur dengan air garam saja sudah sangat efektif menghilangkan sariawan.

Daftar obat sariawan di atas adalah beberapa contoh yang paling banyak digunakan, silahkan Anda buktikan sendiri keefektifannya dengan selalu membaca petunjuk yang ada pada label.

Perhatian saat pengobatan

  • Hindari penggunaan pasta gigi yang mengandung sodium lauryl sulfate saat dalam pengobatan sariawan
  • Jika sariawan tidak sembuh dalam 2 minggu, segera temui dokter. 
  • Jangan menggunakan obat sariawan lebih dari dosis yang ditentukan.


Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)