Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Kesehatan Umum

7 Masalah Kesehatan Anjing Tua Yang Perlu Diperhatikan

Mengetahui tanda-tanda penuaan pada anjing dan apa yang bisa Anda lakukan.
Update terakhir: NOV 18, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 801.145 orang

7 Masalah Kesehatan Anjing Tua Yang Perlu Diperhatikan

Seperti binatang pada umumnya, anjing pun dapat bertambah tua dan uniknya, tingkat penuaan anjing pada setiap jenis dan ukuran bisa berbeda-beda.

Sebagai contoh, anjing ras besar seperti Great Danes umumnya dianggap sebagai senior pada umur sekitar 5-6 tahun, sedangkan anjing ras yang lebih kecil seperti Chihuahua mungkin hanya akan memasuki tahap senior pada umur 10-11 tahun.

Saat anjing memasuki tahun-tahun seniornya, Anda harus bersiap untuk perubahan tertentu yang mungkin terjadi pada kesehatan anjing. Kunjungi dokter hewan secara teratur untuk dapat memonitor perkembangan anjing; banyak dokter hewan merekomendasikan dua kali setahun untuk anjing senior.

Jika Anda memperhatikan salah satu dari masalah berikut ini, bicarakan dengan dokter hewan Anda untuk menentukan tipe perawatan yang dibutuhkan.

1. Kesulitan dalam melihat dan masalah mata lainnya

Apakah anjing Anda mulai menabrak benda-benda (seperti meja), sering jatuh, atau menunjukkan tanda-tanda ketidaknyamanan mata (kemerahan, kekeruhan, dll.)? Dia mungkin memilik kesulitan dalam penglihatan atau gangguan mata.

Penglihatan yang memburuk adalah bagian dari proses penuaan normal untuk anjing. Banyak anjing akan mengembangkan kekeruhan di lensa mereka seiring bertambahnya usia, dan meskipun ini normal, hal itu mengurangi ketepatan penglihatan mereka.

Meskipun mungkin karena penuaan, bawalah anjing ke dokter hewan untuk mengobati penyakit mata (jika ada), seperti kerusakan kornea, sindrom mata kering, atau konjungtivitis. Penyakit katarak pada mata anjing juga dapat dirawat dengan pembedahan.

Kehilangan penglihatan biasanya tidak dapat dipulihkan, tetapi ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu anjing Anda menyesuaikan diri. Tanyakan kepada dokter hewan untuk tips menangani anjing senior yang sudah mulai kesulitan dalam melihat.

2. Frekuensi kencing meningkat

Peningkatan frekuensi buang air kecil bisa menjadi indikator penyakit ginjal atau infeksi saluran kemih yang biasanya lebih sering terlihat pada anjing paruh baya atau yang lebih tua.

Untungnya, inkontinensia urin dan urinasi yang tegang sering kali dapat diatasi dengan resep obat anjing atau dengan perubahan pola makan. Inkontinensia urin dengan cepat menyebabkan infeksi saluran kemih yang tidak nyaman. Konsultasikan dengan dokter hewan Anda jika Anda mencurigai adanya masalah.

3. Kesulitan bernafas, gusi berdarah dan masalah bagian mulut lainnya

Jika Anda tidak secara teratur menyikat gigi anjing atau membawanya ke kantor dokter hewan secara rutin untuk pembersihan profesional, ia mungkin mulai menunjukkan tanda-tanda penyakit mulut (bau mulut, air liur yang berlebihan, peradangan gusi, dan gigi yang lepas).

Kebersihan gigi adalah perawatan yang sangat penting dan baik untuk kesehatan anjing. Namun, jika Anda belum secara teratur melakukannya, masih belum terlambat untuk memulai. Bawalah anjing ke dokter hewan dan diskusikan bagaimana Anda bisa menyelesaikan masalah dan mencegahnya terjadi di masa depan.

4. Terdapat benjolan dan masalah kulit lainnya

Anjing Anda mungkin mengalami masalah kulit dan bulu pada usia berapa pun, tetapi semakin tua, ia akan lebih rentan terhadap penyakit kulit pada anjing. Ini bisa terjadi dalam bentuk ruam, lesi, pembengkakan, benjolan, kulit kering atau rambut rontok pada anjing.

Namun jangan khawatir, ada hal-hal yang dokter hewan lakukan untuk membantu meringankan gejala-gejalanya (seperti membuat perubahan pola makan) atau bahkan menyembuhkan penyebab masalah yang mendasarinya.

Banyak anjing memiliki benjolan di bawah kulitnya seiring bertambahnya usia. Lipoma, atau pertumbuhan benjolan berlemak, adalah penyakit yang umum dan jinak (tidak menimbulkan masalah serius bagi hewan peliharaan).

Namun, pertumbuhan benjolan yang berlemak dan pertumbuhan lain yang lebih berbahaya bisa terlihat sangat mirip, jadi sebaiknya dievaluasi oleh dokter hewan.

Jika benjolan pada anjing semakin terlihat, seperti berubah bentuk, warna, dan ukuran, maka sebaiknya Anda langsung mengkonsultasikannya dengan dokter hewan.

5. Berat badan naik atau turun berlebihan

Beberapa anjing yang lebih tua mengalami kesulitan mempertahankan berat badannya dan mungkin membutuhkan makanan anjing dengan kandungan kalori yang lebih tinggi atau palatabilitas yang lebih baik, sementara anjing lain cenderung memiliki berat badan yang lebih tinggi dan mungkin membutuhkan makanan untuk anjing yang kurang aktif.

Tidak ada kelebihan berat badan atau kekurangan berat badan yang ideal untuk anjing. Anjing yang kelebihan berat badan dan obesitas, misalnya, memiliki resiko penyakit yang lebih tinggi seperti diabetes, penyakit jantung, radang sendi, dan bahkan kanker.

Diskusikan dengan dokter hewan kapan saat yang tepat bagi anjing Anda untuk beralih dari diet anjing dewasa ke diet anjing senior. Tanyakan tentang manfaat diet terapeutik, yang dapat memberikan manfaat utama untuk membantu mengelola kondisi yang umumnya terkait dengan anjing yang menua.

Selain itu, buatlah rutinitas olahraga sesuai usia untuk anjing senior Anda dengan bantuan dokter hewan Anda. Pola makan dan olahraga yang tepat bisa menjadi penting dalam menunda tanda-tanda penuaan dan meningkatkan umur anjing Anda.

6. Kesulitan bermain dan jalan-jalan di rumah

Mungkin sulit bagi Anda untuk melihat anjing Anda yang sebelumnya aktif mengalami kesulitan berkeliling rumah atau bermain seperti sebelumnya, tetapi masalah sendi seperti radang sendi adalah umum pada anjing yang lebih tua.

Diskusikan dengan dokter hewan Anda apakah perubahan pola makan (seperti penambahan antioksidan dan asam lemak omega-3) akan membantu. Tangga kecil  dan tempat tidur anjing ortopedi juga dapat membantu Anda mengakomodasi keadaan anjing Anda yang kesulitan berjalan.

Rehabilitasi fisik juga dapat membalikkan beberapa kehilangan mobilitas dan merupakan alat yang berharga untuk hewan peliharaan yang menua.

7. Masalah perilaku dan memori

Perubahan perilaku anjing Anda mungkin merupakan bagian normal dari penuaan atau gejala penyakit seperti dog dementia (disfungsi kognitif anjing).

Karena itu, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter hewan jika ia menunjukkan tanda-tanda kebingungan, disorientasi, kehilangan ingatan, lekas marah, mondar-mandir tidak biasa atau perubahan kepribadian lainnya.

Beberapa tanda spesifik dari disfungsi kognitif anjing antara lain tetap terjaga atau mondar-mandir di malam hari, kecing sembarangan (tidak pada tempat biasanya) dan melupakan isyarat (mis., duduk=) yang pernah ia kenal.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter Hewan

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Kirim pertanyaan
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini