Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Varises - Penyebab, Gejala dan, Pengobatan

Update terakhir: SEP 18, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.353.885 orang

Siapa yang tidak pernah melihat kaki Varises? Pasti semua orang pernah melihatnya, ada yang merasa ngilu, bahkan ada yang merasa jijik saat melihatnya. Varises, juga dikenal sebagai Varicoses atau Varicosities, terjadi ketika Pembuluh darah balik atau yang disebut dengan pembuluh vena Anda membesar, melebar, dan dipenuhi darah.

Pembuluh darah yang mengalami Varises biasanya tampak bengkak seperti cacing pada permukaan kulit, serta berwarna ungu kebiruan.Varises sering menimbulkan nyeri. Kondisi ini sangat umum, terutama pada wanita. Sekitar 25% dari semua orang dewasa memiliki varises. Dalam banyak kasus, Varises muncul di kaki bagian bawah.  

Bagaimanakah proses terjadinya Varises?

Varises terjadi ketika vena tidak berfungsi dengan baik. Vena memiliki katup satu arah yang mencegah darah mengalir ke belakang, ketika katup-katup ini tidak berfungsi sebagaimana mestinya,terjadi penumpukan volume darah pada pembuluh darah.

Darah yang seharunya kembali ke jantung Anda, tidak kembali seperti seharusnya dan menyebabkan pembuluh darah membesar akibat penumpukan volume darah ini.

Pembuluh darah yang paling sering mengalami Varises adalah pembuluh-pembuluh darah pada kaki. Hal ini disebabkan karena Pembuluh darah pada kaki letaknya jauh dari jantung, dan karena adanya gaya gravitasi membuat darah lebih sulit mengalir kembali ke jantung.  

Beberapa faktor resiko yang berperan dalam menyebabkan varises:

Jika sebelumnya kita sudah mengetahui varises terjadi karena adanya aliran darah balik yang terganggu, namun apakah yang menyebabkan adanya gangguan pada aliran darah tersebut? Gangguan aliran darah yang menyebabkan varises disebabkan oleh faktor-faktor sebagai berikut :

  • Kehamilan
  • Menopouse
  • Usia di atas 50 tahun
  • Berdiri untuk jangka waktu yang lama
  • Kegemukan
  • Riwayat keluarga yang memiliki varises 

Masalah kesehatan akibat Varises

Umumnya masalah yang ditimbulkan pembuluh darah yang mengalami Varises adalah masalah estetika, karena pembuluh darah yang mengalami pelebaran akan terlihat mencolok.

Disamping itu pembuluh darah yang terlihat tidak normal pada kaki Anda, mungkin juga akan menimbulkan nyeri, bengkak, dan menimbulkan rasa sakit di atas atau di sekitar pembuluh darah yang membesar.

Dalam beberapa kasus, mungkin akan terjadi pembengkakan dan perubahan warna pada pembuluh darah. Dalam kasus yang cukup parah, pembuluh darah mungkin bisa pecah dan dapat mengeluarkan darah secara signifikan.  

Bagaimana cara mencegah dan mengatasi Varises?

Secara umum, Penanganan varises bisa dilakukan dengan mengubah gaya hidup Anda, Namun jika upaya mengubah gaya hidup sudah dilakukan dan tidak membuahkan hasil, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang lebih agresif.

Berikut adalah Perubahan gaya hidup yang dapat dilakukan untuk mengurangi gejala Varises atau mencegah varises terbentuk:

  • Hindari berdiri untuk waktu yang lama
  • Menurunkan berat badan atau menjaga berat badan yang sehat
  • Berolahraga untuk meningkatkan peredaran darah Anda
  • Gunakan kaus kaki atau stoking kompresi. Dengan menggunakan kaus kaki kompresi ini, dapat memberi tekanan pada kaki Anda sehingga darah dapat mengalir lebih mudah ke jantung Anda

Jika Anda sudah memiliki Varises, Anda harus melakukan hal ini untuk mencegah terbentuknya Varises baru. Anda juga bisa meletakan kaki Anda pada posisi yang lebih setiap kali Anda beristirahat atau tidur, untuk mengurangi penumpukan volume darah yang berlebih pada kaki.  

Kapan sebaiknya dilakukan operasi pada Varises?

Jika perubahan gaya hidup sudah dilakukan dan tidak membuahkan hasil, jika pembuluh darah yang mengalami Varises Anda menyebabkan rasa sakit yang tidak tertahankan sehingga mengganggu aktivitas Anda atau mengganggu kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan, dokter Anda mungkin akan mencoba prosedur invasif.  

Prosedur yang dimaksud adalah Ligasi vena dan stripping. Ligasi vena dan stripping adalah perawatan bedah yang membutuhkan obat bius. Selama prosedur, dokter bedah Anda akan membuat bukaan di kulit Anda, memotong varises, dan mengangkatnya.

Meskipun operasi pengangkatan pembuluh darah vena telah dikembangkan dengan berbagai macam variasi, Prosedur ini jarang dilakukan karena bersifat invasive dan mahal, sehingga pengobatan non-invasive seperti penggunaan kaos kaki kompresi lebih banyak dilakukan.  

Peringatan untuk orang dengan Varises

Varises biasanya memburuk seiring berjalannya waktu. Hal ini benar adanya, bahkan Varises tetap memburuk walaupun Anda sudah membuat perubahan gaya hidup yang diperlukan. Meskipun mungkin tidak sedap dipandang, biasanya Varises tidak menyebabkan masalah medis jangka panjang.

Dalam beberapa kasus, Varises dapat menyebabkan bisul atau luka di kaki Anda, masalah pembekuan darah, peradangan kronis dan bahkan pembuluh darah Anda bisa pecah. Jika hal ini terjadi,segera hubungi dokter untuk melakukan penanganan yang lebih lanjut.


Referensi

Campbell, B. (2006). Varicose Veins and Their Management. British Medical Journal, 333(7562), pp. 287-292.

Cleveland Clinic (2015). Varicose and Spider Veins.

Johns Hopkins Medicine (2017). Health Library. Varicose Veins.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit