HEALTH SHOP

Penyakit

Obat

Cari Rumah Sakit

Tanya Dokter

Artikel

Hewan Peliharaan

Apotik

ติดต่อเรา

Temukan info penyakit, obat-obatan, rumah sakit, dan artikel kesehatan lainnya di sini

Sakit Gigi Cytotec Sakit Kepala Panu
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditinjau oleh
SCIENTIA INUKIRANA
Pengobatan

Cara Ampuh Mengobati Mata Ikan

Update terakhir: DEC 6, 2019 Tinjau pada DEC 6, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 2.250.057 orang

Bagi siapa saja yang memiliki mata ikan, baik pada telapak kaki maupun tangan, tentu akan merasa risih, malu, bahkan menderita karena rasa sakit yang ditimbulkannya. Banyak diantaranya yang sampai tidak bisa jalan lantaran mata ikan di kakinya terasa sakit. Maka tak heran, banyak yang telah berupaya untuk mengobati mata ikan, dengan tujuan agar hilang dengan tuntas.

Dalam paktek sehari-hari pun saya sering menjumpai penderita mata ikan, ada yang mengeluh sudah lama (bulan-tahun), namun baru beberapa hari terakhir kok terasa sakit. Seketika itu juga langsung saya beri terapi ampuh untuk mengobati mata ikan, apakah itu? baik, akan saya bagikan melalui artikel ini.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara menghilangkan mata ikan, mari kita samakan persepsi terlebih dahulu tentang penyakit mata ikan ini, karena mungkin ada yang sudah tahu benar, namun mungkin sebagian lainnya belum tahu benar apa itu penyakit mata ikan.

Dalam kamus kedokteran, penyakit mata ikan dikenal dengan istilah Clavus merupakan penebalan kulit karena tekanan dan gaya gesek yang sering terjadi. Kondisi ini menyebabkan hiperkeratosis (penebalan kulit seperti kapalan) yang tidak merata, bentuknya seperti kerucut terbalik (ujungnya nancep ke dalam) dengan alasnya ada pada permukaan kulit.

Beberapa sumber juga mengatakan bahwa clavus merupakan penebalan kulit semacam “kapalan” namun terlokasi hanya pada satu bagian dan menimbulkan rasa sakit akibat pertumbuhan sel-sel tanduk yang tidak normal.

Jika dilihat dari permukaan, mata ikan di telapak kaki akan terlihat seperti lingkaran dengan penebalan ke dalam. Terkadang tampak adanya lubang dangkal ditengah-tengahnya. Mata ikan sering terdapat pada telapak kaki, namun dapat tumbuh juga di telapak tangan.

Secara klinis mata ikan dapat terinfeksi oleh bakteri atau jamur terutama pada pasien dengan kadar gula tinggi seperti diabetes. Clavus sendiri dibagi kedalam tiga tipe. Tipe pertama disebut dengan callus keras atau heloma durum , berbentuk tebal kering dan bertanduk. Tipe kedua disebut callus lunak atau heloma mole, dideskripsikan karena jenisnya yang lebih lunak hingga basah. Tipe ketiga disebut callus periungual, yaitu terdapat didekat kuku.

Cara Mengobati Mata Ikan

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Pengobatan clavus bertujuan untuk menghilangkan gejala yang ada yakni rasa sakit dan ketidaknyamanan serta kepentingan kosmetik. Untuk mengobati atau menghilangkan mata ikan dengan tuntas ada beberapa metode atau langkah yang dapat ditempuh antara lain:

Obat Mata Ikan

Saat ini telah tersedia obat mata ikan yang berbentuk cair, obat ini bersifat kertatolitik yakni akan mengikis secara perlahan penebalan kulit pada mata ikan. Namun cara ini tergolong lambat dalam menghilangkan mata ikan, bahkan jika salah dalam menggunakannya akan merusak kulit yang sehat. Sangat tidak cocok untuk mata  ikan yang besar.

Salah satu contoh adalah "callusol" cara tepat menggunakannya adalah sama persis dengan cara menghilangkan kapalan.

Operasi Kecil

Operasi mata ikan adalah cara yang paling cepat dan paling ampuh untuk mengobati mata ikan, dengan mengeluarkan inti mata ikan atau eksisi total. Hanya saja banyak yang takut dengan cara ini. Padahal operasi ini tidak sakit karena sebelum melakukannya akan diberi pembiusan lokal, rasa sakit mungkin setelah obat bius hilang, namun itupun dapat diringankan dengan obat-obatan yang diresepkan. Lebih baik sakit sebentar, masalah tuntas tho, daripada sakit terus menerus dengan mata ikan yang tak kunjung hilang.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Ada dua metode utama yang digunakan dalam operasi mata ikan ini:

Operasi bedah minor dengan pisau (Eksisi)

Mungkin agak seram mendengarnya, namun sebenarnya tidak. Dokter akan menggunakan pisau khusus, kecil dan tajam, untuk membuang mata ikan sampai ke akarnya hingga yang tersisa adalah kulit yang sehat. Setelah mata ikan dibuang, maka luka sayatan akan dijahit hingga rapat.

  • Kelebihan: bekas luka relatif lebih baik dan rapih, cocok untuk mata ikan ukuran berapapun.
  • Kelemahan: pendarahan, pengerjaan lebih lama.

Operasi dengan kauterisasi

Saat ini tersedia alat yang dapat menghilangkan mata ikan dengan cepat, yaitu dengan menggunakan electric cauter. Alat ini memiliki fungsi seperti solder yang akan membakar kulit mata ikan dengan listrik sehingga akan terbakar hingga akarnya kemudian dibuang. Pada metode ini tidak ada darah yang keluar dan tidak perlu di jahit.

  • Kelebihan: Proses lebih cepat, tidak ada pendarahan, tidak ada jahitan.
  • Kelemahan: Hanya cocok untuk mata ikan yang berukuran kecil, luka bakar, menyisakan bekas luka yang berlubang walaupun bisa pulih kembali.

Itulah beberapa metode cara ampuh mengobati mata ikan. Bagi Anda yang memiliki mata ikan, jangan ragu untuk pergi ke dokter, karena semakin awal diobati akan semakin baik hasilnya.

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)