HEALTH SHOP

Penyakit

Obat

Cari Rumah Sakit

Tanya Dokter

Artikel

Hewan Peliharaan

Apotik

ติดต่อเรา

Temukan info penyakit, obat-obatan, rumah sakit, dan artikel kesehatan lainnya di sini

Dexamethasone Sinusitis Sakit Kepala Scabies
Pengobatan

Cara Tuntas Mengobati Ambeien (Wasir atau Hemoroid)

Update terakhir: May 18, 2019 Tinjau pada Jun 18, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.505.399 orang

Sebelum melakukan cara mengobati ambeien ini, terlebih dahulu pastikan apakah benar yang Anda alami merupakan ambeien atau wasir, dengan cara memeriksakannya ke dokter. Karena ada banyak kemungkinan jika keluhan yang dialami hanya berupa Buang Air Besar (BAB) berdarah.

Jika sudah pasti wasir, maka perlu diketahui ada tiga komponen utama untuk dapat mengobati wasir dengan sukses yaitu modifikasi gaya hidup, obat-obatan dan/atau prosedur bedah atau operasi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Ketiga komponen pengobatan ambeien di atas, tidak harus semuanya dilakukan, akan tetapi disesuaikan dengan tingkat keparahan ambeien seseorang. Sebagai contoh, ambeien yang masih ringan hanya memerlukan modifikasi gaya hidup, atau memerlukan juga obat-obatan, dan tidak perlu operasi. Akan tetapi untuk ambeien yang parah obat wasir saja ternyata tidak membantu, jadi mau tak mau harus menjalani prosedur operasi.

Baiklah, mari kita mulai dari yang ringan hingga yang berat.

Cara Tuntas Mengobati Ambeien (Wasir atau Hemorrhoid)

Perubahan Gaya Hidup dan Pengobatan di rumah

Seseorang dapat meringankan rasa sakit ringan, pembengkakan dan peradangan ambeien ringan dengan perawatan di rumah. Anatara lain yang dapat dilakukan yaitu:

  • Obat oles ambeien atau wasir. Pakailah krim atau suppositoria (obat yang dimasukkan ke anus, berbentuk seperti peluru) untuk ambeien yang mengandung hidrokortison, atau yang juga mengandung witch hazel (agen mati rasa atau bius).
  • Rendam air hangat (sitz bath). Rendamlah daerah anus dengan air hangat selama 10 sampai 15 menit dua sampai tiga kali sehari.
  • Jaga kebersihan daerah anus. Mandi setiap hari untuk membersihkan kulit di sekitar anus dengan lembut menggunakan air hangat. Sabun tidak diperlukan dan malah dapat memperburuk ambeien.
  • Jangan gunakan tisu kering. Untuk membantu menjaga area anus agar tetap bersih setelah buang air besar, gunakanlah tisu basah yang tidak mengandung parfum atau alkohol.
  • Kompres dingin. Gunakanlah kompres es atau kompres dingin pada anus untuk meringankan pembengkakan.
  • Minum obat anti nyeri. Anda dapat menggunakan acetaminophen (parasetamol), aspirin atau ibuprofen untuk membantu meringankan rasa sakit pada wasir.

Selengkapnya pelajari di sini: 10 Obat Ambeien Alami yang Ampuh dan Mudah Dibuat

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Dengan perawatan diatas, gejala wasir biasanya hilang dalam waktu seminggu. Temui dokter jika tidak dalam seminggu belum juga membaik, atau segera periksa jika Anda mengalami sakit atau perdarahan parah.

Obat-obatan (obat ambeien / wasir )

Jika hemorrhoid hanya menimbulkan gejala berupa ketidaknyamanan ringan, maka dapat digunakan obat ambeien krim atau salep, atau suppositoria seperti di atas. Biasanya obat-obatan wasir tersebut mengandung bahan-bahan seperti witch hazel atau hidrokortison, yang dapat mengurangi rasa sakit , peradangan dan gatal, setidaknya untuk sementara waktu.

Tapi ingat, jangan gunakan obat ambeien yang dijual bebas selama lebih dari seminggu kecuali atas petunjuk dokter. Karena kita khawatir terhadap efek sampingnya, seperti ruam, peradangan dan penipisan kulit.

Prosedur bedah kecil

Jika terjadi gumpalan darah pada wasir luar atau hemorrhoid eksterna, dokter dapat membuang gumpalan itu dengan melakukan sayatan sederhana. Jika terjadi perdarahan yang terus-menerus atau ambeien terasa menyakitkan, dokter dapat merekomendasikan prosedur invasif minimal lainnya, meliputi:

  • Ligasi. Dokter akan menjepitkan satu atau dua pita seperti karet di sekitar dasar hemoroid interna untuk memotong peredarannya. Prosedur ini dapat membuat tidak nyaman dan dapat menyebabkan pendarahan, yang mungkin diaalami selama 2-4 hari setelah prosedur tetapi biasanya tidak parah. Nantinya jaringan ambeien akan mati dan lepas dengan sendirinya.
  • Suntikan ( sclerotherapy ). Pada prosedur ini, dokter akan menyuntikkan larutan kimia ke dalam jaringan wasir yang bertujuan agar ambeien menyusut. Suntikan mungkin dapat menyebabkan rasa sedikit nyeri dan itu mungkin kurang efektif dibanding teknik ligasi.
  • Koagulasi ( inframerah, laser atau bipolar ). Teknik koagulasi menggunakan laser atau cahaya inframerah atau panas ini dapat membuat ambeien menjadi kecil dan menyusut.

Prosedur bedah atau operasi wasir

Jika ternyata prosedur sebelumnya belum berhasil atau Anda memiliki wasir yang besar, seperti pada hemorrhoid interna ketika BAB, wasir keluar dari anus yang tidak dapat masuk lagi dengan sendirinya, pada kondisi yang demikian maka pengobatan terbaik dengan cara prosedur pembedahan atau operasi.

Operasi ambeien tidak dapat dilakukan secara rawat jalan sehingga mungkin perlu menginap beberapa hari di rumah sakit untuk proses pemulihan.

Selama hemorrhoidectomy (operasi pembuangan wasir) dokter bedah akan membuang jaringan yang berlebihan yang menyebabkan perdarahan pada ambeien. Berbagai teknik dapat digunakan.

Operasi dapat dilakukan dengan bius lokal yang dikombinasikan dengan bius umum atau anestesi spinal jadi selama operasi tidak terasa sakit. Hemorrhoidectomy merupakan cara yang paling efektif dan lengkap untuk mengobati wasir parah atau berulang.

Efek operasi wasir ini mungkin termasuk kesulitan sementara mengosongkan kandung kemih (Buang air kecil) dan akibatnya mungkin dapat menimbulkan infeksi saluran kemih, namun hal ini tidaklah begitu mengkhawatirkan. Kebanyakan orang mengalami rasa sakit setelah operasi ambeien, namun dapat diatasi dengan obat-obatan penghilang rasa sakit.

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)