Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN

Baycol: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Update terakhir: DEC 12, 2019 Tinjau pada DEC 12, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.795.563 orang

Darah manusia terdiri dari berbagai komponen yang sangat rumit. Kolesterol dan trigliserida adalah bagian dari darah yang dikenal dengan kompleks lipoprotein di seluruh aliran darah

Walaupun kolesterol identik dengan penyakit, tetapi sejatinya kolesterol merupakan suatu komponen yang sangat dibutuhkan olleh tubuh. Tetapi dalam jumlah yang berlebihan, kolesterol memang menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Kolesterol itu sendiri terdiri dari lipoprotein densitas tinggi (HDL), lipoprotein densitas rendah (LDL) dan lipoprotein densitas sangat rendah (VLDL). Kolesterol dan trigliserida (TG) dihasilkan di hati, dan kemudian di lepaskan ke pembuluh darah untuk memenuhi kebutuhan sel-sel tubuh.

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa peningkatan kadar kolesterol total (total-C), LDL-C, dan apolipoprotein B (apo-B, kompleks membran untuk LDL-C) dapat menyebabkan aterosklerosis pada manusia. Aterosklerosis adalah terbentuknya plak akibat timbunan lemak yang berlebih, sehingga menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Demikian pula, penurunan kadar HDL dapat menyebabkan aterosklerosis. Intinya, terjadinya berbagai masalah pada pembuluh darah adalah disebabkan oleh meningkatnya LDL dan berkurangnya HDL.

Pada pasien dengan hiperkolesterolemia,  Cerivastatin sodium telah terbukti dapat mengurangi kolesterol pada aliran darah, LDL, dan apolipoprotein B. Selain itu, juga mengurangi VLDL dan plasma trigliserida dan meningkatkan plasma HDL.

Cerivastatin sodium, agen penurun kolesterol baru yang dijual dengan nama Baycol oleh Bayer Corporation, awalnya disetujui FDA pada tahun 1997. Baycol adalah statin yang diindikasikan sebagai tambahan untuk diet untuk pasien dengan hiperkolesterolemia primer dan dislipidemia campuran yang tidak memiliki perkembangan terhadap pembatasan diet dan tindakan non-farmakologis lainnya.

Baycol telah terbukti efektif pada dosis yang relatif rendah untuk menurunkan kolesterol LDL serta kolesterol total dan trigliserida.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Dosis dan cara penggunaan obat

BAYCOL® (tablet natrium cerivastatin) tersedia dalam tablet 0,2 mg, 0,3 mg, 0,4 mg dan 0,8 mg. Berikut beberapa catatan dalam penggunaan obat ini :

  • Pasien harus menerapkan pola hidup sehat seperti menjalani diet rendah lemak dan berolahraga sebelum menggunakan cerivastatin natrium dan harus melanjutkan diet ini selama menjalani pengobatan menggunakan natrium cerivastatin.
  • Dosis awal BAYCOL® (cerivastatin) adalah 0,4 mg sekali sehari pada malam hari terlepas dari terapi lipid sebelumnya. Karena efek maksimal natrium serivastatin akan terlihat dalam waktu 4 minggu
  • Hanya pasien yang membutuhkan penyesuaian lipid tertentu yang harus akan mendapatkan dosis obat lebih tinggi menjadi 0,8 mg. Kisaran dosis adalah 0,2 mg hingga 0,8 mg. 
  • Pada pasien yang mengalami gangguan ginjal, direkomendasikan untuk menggunakan obat ini dengan dosis yang lebih rendah. Natrium Cerivastatin dapat dikonsumsi dengan atau tanpa makanan. `

Apa yang harus saya hindari saat menggunakan Baycol?

  • Lopid (gemfibrozil)
  • Menyusui karena Baycol dapat terkandung dalam ASI dan dapat membahayakan bayi
  • Mengkonsumsi Baycol saat Anda sedang hamil. Jika Anda hamil saat mengambil Baycol, berhentilah mengonsumsi dan segera beri tahu dokter Anda
  • Minum obat-obatan tertentu. Tanyakan kepada dokter Anda obat apa yang tidak boleh Anda minum

Apa efek samping dari Baycol?

Keluhan yang paling umum dari pasien yang memakai Baycol adalah sakit kepala, sakit tenggorokan, pilek, sesak napas, nyeri pada hidung, sendi dan otot, diare, dan ruam. Jika Anda mengembangkan ini atau gejala lain yang Anda pikirkan mungkin disebabkan oleh Baycol, hubungi dokter Anda.

Perhatian

  • Ambil Baycol sekali sehari di malam hari, pada waktu yang hampir sama setiap hari. Minum dengan air putih.
  • Anda bisa mengkonsumsinya sebelum ataus sesudah makan.
  • Jika Anda melewatkan dosis harian Anda, jangan minum dua dosis pada hari berikutnya. Sebaliknya, lewati dosis dan kembali ke jadwal rutin Anda pada hari berikutnya. Jangan minum 2 dosis sekaligus.
  • Lanjutkan dengan program diet dan olahraga Anda sambil mengonsumsi Baycol.
  • Dokter Anda mungkin melakukan tes darah untuk memeriksa masalah hati sebelum Anda mulai pengobatan menggunakan Baycol, pada 6 dan 12 minggu setelah Anda mulai mengkonsumsinya, dan kemudian setiap 6 bulan. Darah Anda juga harus diperiksa untuk menilai apakah dosis Anda perlu ditingkatkan.

Laporan Peristiwa Merugikan Pasca Pemasaran

Peristiwa berikut telah dilaporkan sejak pengenalan pasar. Sementara peristiwa-peristiwa ini umumnya dikaitkan dengan penggunaan BAYCOL®,  (cerivastatin ditarik dari pasaran pada bulan agustus tahun 2001 8/2001. 

FDA menerima laporan 31 kematian di AS karena rhabdomyolsis parah dari penggunaan Baycol.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp