Doctor men
Ditulis oleh
ADELIA MARISTA SAFITRI
Kesehatan Mulut dan Gigi

Ini 3 Kunci Penting Menggunakan Obat Kumur Gigi

Update terakhir: OCT 21, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.001.593 orang

Ini 3 Kunci Penting Menggunakan Obat Kumur Gigi

Faktanya, menyikat gigi saja tidak cukup untuk menjaga kesehatan organ mulut Anda. Menyikat gigi yang wajib dilakukan minimal dua kali sehari setiap pagi dan malam hari, hanya mampu menjangkau area mulut hingga 25 persen saja. 

Artinya, menyikat gigi tidak mampu membersihkan seluruh area mulut, termasuk daerah sela-sela gigi yang banyak terdapat sisa-sisa makanan menempel. Maka dari itu, tambahan obat kumur dapat membantu Anda membersihkan lebih optimal organ oral Anda, termasuk bagian sela-sela gigi yang sulit dijangkau.

Namun, Anda haruslah memahami terlebih dahulu bagaimana teknik menggunakan obat kumur yang benar. Berikut ini adalah penjelasannya dengan lebih lengkap.

Apa saja manfaat obat kumur gigi?

Obat kumur merupakan tambahan perawatan gigi dan mulut yang dapat lebih mengoptimalkan kebersihan gigi dan mulut Anda. Obat kumur gigi memiliki banyak manfaat yaitu:

Meski begitu, obat kumur bukanlah solusi atau obat satu-satunya yang dapat menyembuhkan penyakit gigi dan mulut yang sudah kronis. Sebaiknya konsultasikan lebih lanjut pada dokter spesialis kesehatan oral agar penyakit kronis dapat ditangani dengan cepat dan tepat.

Baca Juga: Perih Kumur Mouthwash

Bagaimana cara menggunakan obat kumur yang tepat?

Penggunaan obat kumur akan sangat membantu mengoptimalkan kebersihan gigi dan mulut. Nah, supaya manfaat ini bisa dirasakan secara maksimal, tentu Anda harus menggunakan obat kumut dengan cara yang tepat.

Menurut Dosen Fakultas Kedokteran Gigi yang mengajar di Universitas Indonesia, drg. Sri Angky Soekanto, Ph.D., PBO, ada 4 cara utama dalam menggunakan obat kumur yang aman dan benar, yaitu :

1. Tepat langkah

Menyikat gigi saja tidaklah cukup untuk menjaga kebersihan gigi Anda. Karena itulah, diperlukan proses rinsing atau berkumur menggunakan obat kumur gigi alias mouthwash.

Berkumur dengan obat kumur dapat menjangkau seluruh bagian dalam mulut termasuk sela-sela gigi, di mana banyak sisa makanan dan bakteri yang menempel pada bagian tersebut. Jadi, setelah Anda selesai menyikat gigi, sebaiknya lanjutkan dengan berkumur menggunakan obat kumur gigi.

2. Tepat cara

Cara menggunakan obat kumur gigi tentu ada aturan dan takarannya. Anda harus menggunakannya sesuai dengan dosis dan jangan sampai menggunakannya secara berlebihan.

Alih-alih menyehatkan, penggunaan berlebihan alias overdosis akan berpengaruh buruk pada kesehatan mulut dan gigi Anda. Seperti yang diungkapkan oleh Drg. Sri Angky, menggunakan obat kumur gigi secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping, seperti kondisi mulut kering dan munculnya sariawan di dalam mulut.

Selain itu, drg. Sri Angky yang juga menjabat menjadi seorang Ketua Kolegium Dokter Gigi Indonesia (KDGI) mengatakan bahwa efek dari overdosis obat kumur gigi bisa berbeda-beda setiap orangnya. Mulai dari mulut kering, sariawan, rentan terhadap infeksi, dan ketidaknyamanan karena rasa sakit saat makan.

Hal buruk lainnya yang menjadi dampak dari pemakaian obat kumur gigi yang berlebihan adalah terjadinya resistensi bakteri di dalam mulut. Kondisi ini terjadi saat bakteri justru menjadi lebih kebal dan dapat terus tumbuh serta berkembang biak semakin banyak di dalam rongga mulut. 

Kasus tersebut sama halnya seperti penggunaan obat antibiotik yang berlebihan, yang niat awalnya untuk melawan dan membunuh bakteri justru menjadikan bakteri kebal terhadap obat. Akibatnya, obat tidak lagi bisa bekerja dengan efektif dan tak berpengaruh.

Cara yang ideal dalam menggunakan obat kumur gigi adalah menggunakan 20 ml untuk berkumur selama 30 detik saja. Lakukan berkumur ke bagian kanan dan kiri mulut Anda, kemudian mendongak namun jangan sampai tertelan dan buang kumuran tersebut.

3. Tepat waktu

Sebagian orang berpikir bahwa semakin sering berkumur akan semakin baik. Namun, ingat lagi bahwa berkumur harus sesuai aturan pakai dan dosisnya agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan rongga mulut Anda.

Obat kumur gigi pada umumnya dapat melindungi gigi dan mulut dari bakteri hingga 12 jam lamanya. Maka itu, berkumurlah 2 kali sehari setelah Anda menyikat gigi.

Drg. Sri Angky menuturkan bahwa obat kumur gigi yang memiliki kandungan zat kimia dan digunakan di dalam mulut tidak boleh digunakan berlebihan. Sekitar 2 kali sehari berkumur sudahlah cukup, tidak perlu lebih dari itu.

4. Rutin

Melakukan kumur menggunakan obat kumur gigi harus dilakukan rutin dan berkelanjutan, alias setiap hari. Tentunya hal ini bertujuan supaya manfaat yang diharapkan dapat dirasakan.

Namun, ingatlah bahwa Anda juga tetap perlu menyikat gigi. Pasalnya, fungsi obat kumur adalah untuk mengurangi bakteri dan kuman, tapi tidak membersihkan secara keseluruhan. Dengan kombinasi menyikat gigi dan berkumur dengan obat kumur, dijamin kebersihan gigi dan mulut dapat terjaga lebih optimal.

Baca Selengkapnya: Cara Pakai Obat Kumur Pada Anak

Referensi

NHS UK. (2018). How to Keep Your Teeth Clean.

WebMD. (2015). Dos and Don'ts of Mouth Rinsing.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Artikel selanjutnya
Beberapa Hal yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Penggunaan Obat Kumur Pada Anak
Beberapa Hal yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Penggunaan Obat Kumur Pada Anak

Anda perlu mengetahui batas usia untuk menggunakan obat kumur sebelum memberikan izin pada anak Anda. Inilah yang harus Anda pertimbangkan ketika memutuskan apakah akan membiarkan anak Anda menggunakan obat kumur sebagai bagian dari rutinitas kebersihan mulut mereka atau tidak.